Camat Jatiwaras dan RCC Siap Perangi ‘Bank Emok’ di Tasikmalaya

Camat Jatiwaras Enong Mawardi memberikan sambutan saat sosialisasi anti riba di Perumahan Villa Wanaya Regency Bukit Gintung Tasikmalaya.

TASIKMALAYA –  Keberadaan Bank Emok di Kabupaten Tasikmalaya dinilai telah meresahkan masyarakat. Sebab itu kehadiran organisasi Riba Crisis Centre (RCC) yang menggandeng pemerintah setempat merupakan jalan keluar  masyarakat untuk lepas riba dari bank tersebut.

Hal itu terlihat dari agenda sosialisasi anti riba di Perumahan  Villa Winaya Agency  di Desa Bukit Gintung, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya,  Sabtu (29/2/2020) lalu.  Dalam kegiatan itu camat setempat dan sejumlah tokoh mendukung  gerakan RCC memberantas riba di wilayahnya.

Camat Jatiwaras  Enong Mawardi mengatakan, pihaknya ingin di masyarakatnya  tidak  ada riba. Karena itu siap bekerjasama dengan RCC dalam memberantas riba di tengah-tengah masyarakat.  “Jadi di sini ada namanya bank Emok yang minjam-minjamin duit ke warga,” katanya.

Ustad Mansyur Fauzi memberikan sambutan di acara sosialisasi anti riba yang digelar RCC di Tasikmalaya.

Kata dia, kehadiran bank tersebut  ternayata tidak bisa mensejahterakan warga. Sebaliknya banyak warga yang terjerat hutang dan riba. Karena itu pihaknya bersama RCC harus siap memerangi bank-bank emok itu.

Senada dengan Ustad Mansyur Fauzi, tokoh masyarakat setempat. Menurutnya, bahwa kehadiran organisasi RCC di sini sangat tepat. Karena bisa diharapkan dalam memberantas riba. Komunitas itu memang  pantasnya lawan komunitas juga. “Masyarakat juga harus kompak mendukungnya,” katanya.

Suasana sosialisasi anti riba yang digelar RCC di Tasikmalaya.

Sementara itu, Ketua Umum RCC Deri Suandi menyambut gembira tokoh masyarakat dan Camat Jatiwaras mau bekerjasam dalam memberantas riba. Menurutnya, bila bersama-sama akan kuat. “Ayo kita rapatkan barisan,” ajaknya.

Ia mengungkapkan, bahwa RCC memiliki program  Edukasi, Advokasi, dan Ekonomi. Lewat tiga program ini diharapkan praktik riba hilang di masyarakat Indonesia. Tujuan dari RCC ingin masyarakat  Indonesia sejahtera tanpa riba.

Masyarakat saat mengikuti sosialisasi anti riba yang digelar RCC di Tasikmalaya.

Sebagai informasi kegiatan sosialisasi anti riba diikuti antusias masyarakat. Di antaranya yang hadir sejumlah tokoh masyarakat yakni Ustad Mansyur Fauzi, Camat Jatiwaras Enong Mawardi, Kapolsek, Binamas, dan Bhabinkamtibmas. Kemudian Ketua Umum RCC Deri Suandi, Ketua Umum Perwiranusa, dan Ketua DPD RCC Bandung Raya Ust H Yusuf Hamdani.(IS)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *