Pemkot Tangerang Resmi Gandeng RCC Berantas Riba dan Rentenir

TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang resmi menggandeng Riba Crisis Centre dan Forum Ustad Tangerang  Raya (Futar) untuk masuk Satgas Anti Rentenir yang akan dibentuk pemerintah setempat.

Masuknya dua organisasi dakwah itu bakal menambah kekuatan dan ketajaman satgas nanti dalam memberantas riba dan rentenir di kota yang bermoto Akhlakul Karimah itu. Sebelumnya unsur yang direncanakan bergabung Pemerintah Daerah, Koperasi Syariah, Dewan  Masjid  Indonesia, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia, dan Lembaga Bantuan Hukum.

Kabag Kesra Kota Tangerang H. Felix Mulyawan (kedua dari kiri), bersama Pengurus RCC Tangerang Raya dan Ketua Futar H. Nurtachlis befoto bersama usai pertemuan di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang,(istimewa)

Kepala Bagian Kesejahteraan (Kesra) Kota Tangerang  H. Felix Mulyawan mengatakan, adanya Satgas Anti Rentenir lantas  bergabungnya RCC dan Futar merupakan anugrah dari Allah SWT. Kota Tangerang membutuhkan organisasi dakwah seperti itu untuk memberantas rentenir dan riba.

Menurutnya, Satgas Anti Rentenir memang harus diisi orang-orang yang fokus dan konsen dalam memberantas rentenir dan riba. Pasukan ini sangat dibutuhkan yang bisa masuk ke berbagai lini dan sektor. “Sementara kalau pejabat pemda terbatas oleh posisi dan kedudukan,” tuturnya, saat bertemu pengurus RCC Tangerang Raya dan Futar di ruangan Kabag Kesra Kota Tangerang, Selasa (10/3/2020).

Anggota RCC siap membantu Pemerintah Kota Tangerang dalam memberantas riba dan rentenir.(istimewa)

Sementara, Ketua Divisi Ekonomi RCC Tangerang Raya Ustad Topan Syuhada mengatakan, pihaknya siap bersinergi dengan Pemerintah Kota Tangerang dalam memberantas rentenir dan riba. Mereka itu sudah terstruktur, sistematis, dan masif. “Jadi secara tidak langsung keberadaannya terlindungi undang-undang,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam memberantas mereka tidak jauh seperti yang telah dilakukan RCC. Dimana akan dilakukan edukasi atau sosialisasi soal masalah tersebut ke masyarakat, kemudian melakukan advokasi, dan juga pembangunan pos-pos  ekonomi umat.

Sebagai informasi, Selasa (10/3/2020) pagi, dilakukan pertemuan antara RCC Cabang Tangerang Raya, Futar dan Kabag Kesra Pemerintah Kota Tangerang H. Felix Mulyawan di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. Dalam pertemuan dihadiri Ketua Futar H.Nurtachlis, Ketua DPD RCC Tangerang Raya Hermansyah, Sekertaris Pradipta Sasmaya, Kepala Divisi Ekonomi Ustad Topan Syuhada, dan Bendahara Stantien. (is)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *